Survei Pelaksanaan PKL Taruna/i Prodi D3 Manajemen Transportasi 2021/2022

MT, STTKD Yogyakarta – Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi D3 Manajemen Transportasi telah melaksanakan pengecekan pelaksanaan PKL Taruna/i Prodi D3 Manajemen Transportasi angkatan 2019 pada tahun ajaran 2021/2022. Pengecekan ini ditujukan sebagai monitoring pelaksanaan PKL agar lancar dan dapat memberikan manfaat baik bagi taruna/i maupun perusahaan tempat PKL. Selain pengecekan kepada taruna/i, dilaksanakan juga kunjungan ke perusahaan-perusahaan atau instansi tempat taruna/i PKL. Pengecekan dan kunjungan ini dilakukan pada bulan Maret 2022 yang merupakan periode reguler PKL taruna/i D3 MT.


Pada 7 Maret 2022 Sekretaris Prodi D3 MT Bapak Yunus Purnama, S.Pd., M.M. bersama Bapak Achmad Muzakir, S.Tr.Tra. selaku koordinator PKL melakukan Pengecekan Pelaksanaan PKL Taruna/i STTKD di PT. Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional El-Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kunjungan diterima oleh Manager Operasional AP1 KOE Bapak Gusti Made. Sejumlah 7 orang taruna/i dari Program Studi D3 MT STTKD dipercaya ditempatkan di Unit AOCC, TIS &Safety, serta Avsec.

Kunjungan dilanjutkan tanggal 08 Maret ke Unit Penyelenggara Bandar Udara H. Hasan Aroboesman, Ende, NTT . Disambut oleh Kepala UPBU H. Hasan Aroboesman, Ende, NTT Bapak Indra. Taruna/i STTKD berjumlah 3 orang dari Program Studi D3 MT dengan penempatan 1 orang di Unit AMC dan 2 Taruna/i di Maskapai Wings yang langsung dititipkan oleh Ka. UPBU di Unit Ramp, Check-in, CS, dll.


Sekretaris Prodi D3 MT berkesempatan foto bersama dengan seluruh Karyawan/i & Tim Maskapai Wings Cabang Ende yang dipimpin (Station Manager) (KK) Alumni STTKD Prodi D3 MT Angkatan 2009 yaitu Bapak Oscarius serta Alumni D3 MT angkatan 2010 salah satu Personel Unit Ramp Handling Wings Air yaitu Bapak Bonar.


Kunjungan hari ketiga 10 Maret 2022 ke Unit Penyelenggara Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, NTT. Disambut oleh Kepala Seksi Pelayanan & Kerjasama UPBU Komodo, Labuan Bajo, NTT Bapak Apep Kuswandi., S.SiT. Taruna/i STTKD yang PKL di sini sejumlah 6 orang dari Program Studi D3 MT penempatan di Unit AMC, Avsec & Informasi.

Masih di Bandara Komodo, dilanjutkan kunjungan ke PT. Gapura Angkasa Cabang Bandar Udara Komoda, Labuan Bajo, NTT disambut General Manager & Manager Internal & Keuangan PT. Gapura Angkasa Cabang Labuan Bajo, NTT Bapak Tomos Siregar & Bapak Bambang. Taruna/i STTKD berjumlah 4 orang dari Program Studi D3 MT penempatan di Unit Pasasi, Check-in, Joumpa, Ramp Handling Dll.

Selanjutnya dilaksanakan kunjungan ke PT. Timor Nusa Dirgantara (TND) yang bergerak di bidang Ground Handling untuk Koordinasi Persiapan PKL Taruna/i STTKD periode selanjutnya. Koordinasi di PT. TND di sambut baik dan siap menerima Taruna/i STTKD. PT. TND terdapat di Bandara Kupang, Bandara Labuan Bajo, Bandara Tambolaka, Bandara Bajawa, Bandara Waingapu, Bandara Maumere & daerah NTT lainnya.

Kesimpulan yang didapat dari kunjungan dan pengecekan PKL Taruna/i STTKD di NTT baik itu di Kupang, Ende dan Labuan Bajo mendapatkan apresiasi tinggi dari perusahaan dan instansi tempat PKL. Baik dari taruna/i angkatan sebelum-sebelumnya hingga sekarang memberikan kesan yang baik, disiplin, mau belajar menggali ilmu penerbangan sehingga perusahaan dan instansi tersebut siap menerima taruna/i STTKD melaksanakan PKL maupun penelitian untuk periode yang akan datang.

Selain kunjungan PKL di NTT, kunjungan dan pengecekan taruna/i PKL juga dilakukan oleh Kaprodi Ibu Aditya Dewantari, S.Pd., M.Pd. ke Bandar Udara Internasional Radin Inten II (TKG) Lampung. Kunjungan dilaksanakan tanggal 25 Maret 2022 ke PT Angkasa Pura TKG dan PT Gapura Angkasa TKG. Dalam melaksanakan pengecekan dan kunjungan Ibu Aditya didampingi Ibu Galuh Rusita, S.Pd. staf Prodi D4 Manajemen Transportasi.

Taruna/i STTKD yang PKL baik di GA maupun AP melaksanakan PKL dengan baik, proaktif, disiplin, dan bertanggung jawab. GA dan AP TKG mendukung kegiatan STTKD dan sangat terbuka jika di periode berikutnya ada taruna/i yang kembali ditempatkan untuk PKL di TKG.