Meningkatkan Wawasan Dan Keterampilan Dunia Kerja Taruna/I, Prodi D3 Manajemen Transportasi Laksanakan Praktik Kerja Lapangan

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan taruna/i di dunia kerja, Prodi D3 Manajemen Transportasi mengadakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).  Kamis, 22 Desember 2022, Prodi D3 MT berkolaborasi dengan Unit PKL mengadakan pembekalan untuk taruna/i yang akan melaksanakan PKL pada periode reguler yang dimulai pada Februari  hingga April 2023. Pembekalan diisi dengan materi kedirgantaraan dan teknis pelaksanaan PKL yang disampaikan oleh Ahcmad Muzakir, S.Tr.Tra selaku perwakilan dari Unit PKL dan Anita Nur Masyi’ah, S.Pd., M.Pd. selaku perwakilan Prodi D3 MT. Pembekalan ini diikuti oleh 112 taruna/i angkatan 2020 bertempat di Ruang Kuliah Umum (RKU) STTKD.

Pada kesempatan tersebut, Muzakir menyampaikan “Tujuan dari kegiatan PKL ini adalah agar taruna mendapatkan pengalaman dan wawasan berkarir sesuai bidang ilmu mereka, hal ini juga bermanfaat bagi mereka untuk dapat berlatih beradaptasi dengan lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bekerja”. Mengingat PKL ini adalah kegiatan yang sangat penting dan berkaitan dengan banyak pihak perusahaan partner STTKD, taruna pun diingatkan untuk selalu menjaga sikap dan perilaku. Anita menambahkan, “PKL bukan hanya sarana bagi taruna/i untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapat di bangku perkuliahan ke dalam lingkungan kerja, tapi juga bermanfaat bagi mereka untuk belajar bagaimana cara bersikap dan bekerjasama dengan rekan kerja”.

Gambar 2. Taruna D3 MT melakukan Praktik Pengawasan Pengisian Bahan Bakar di Unit AMC

 

Sebelumnya, Prodi D3 MT sudah memberangkatkan 96 taruna/i untuk melaksanakan PKL periode Nataru (Natal dan Tahun Baru), yang dimulai pada awal Desember 2022 dan akan berakhir pada akhir Januari 2023. PKL merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan prodi D3 MT yang dibagi menjadi 2 periode yakni Nataru dan Reguler. PKL dilaksanakan di hampir seluruh Perusahaan Pengelola Bandara di Indonesia. Durasi tiap periode berkisar antara satu sampai dua bulan menyesuaikan permintaan dari perusahaan yang besangkutan. Dalam banyak kesempatan, perusahaan yang menjadi tempat PKL banyak merekrut taruna/i PKL untuk melanjutkan bekerja di perusahaan mereka setelah taruna/i menyelesaikan studinya. Hal ini tentu menjadi poin plus kegiatan PKL di STTKD yang tidak hanya mengenalkan taruna/i kepada dunia kerja, tetapi sekaligus menjadi ajang pemantauan dan rekrutmen perusahaan terhadap calon pegawainya.

Gambar 3. Taruna/i D3 MT bersama Staf PT. Angkasa Pura Logistic Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak