Bersiap PKL Nataru, Angkatan 2019 Melaksanakan Pembekalan PKL

Yogyakarta – Program Studi D3 Manajamen Transportasi melaksanakan pembekalan PKL bagi taruna/i angkatan 2019 via zoom meeting dan disiarkan live di youtube STTKD Yogyakarta. Acara ini berlangsung pada hari Jumat 12 November 2021 pukul 14.00-15.30 WIB dan dilakukan secara online, mengingat masih diberlakukannya pembatasan akibat pandemi. Acara diawali oleh sambutan Bapak Sudirman Hi Umar ST,. M.T selaku WAKA III (bidang ketarunaan). Beliau berpesan agar taruna/i selalu menjaga sikap, selalu sopan, rapi dan disiplin sesuai dengan peraturan akademik maupun dengan peraturan yang ada di bandara/perusahaan penerbangan di lokasi PKL demi menjaga nama baik diri sendiri maupun lembaga.

On-the-job training atau biasa disebut dengan PKL adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja secara langsung yang dimana merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus baik secara teori maupun praktik dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Hal ini sesuai dengan apa yang telah diungkapkan Bapak Djoko Widagdo SE,. M.Si selaku Ketua Prodi D3 Manajemen Transportasi saat menyampaikan arahan, “kegiatan pembelajaran baik teori maupun praktik menjadi dasar/bekal untuk melaksanakan PKL, sehingga saat PKL dapat membandingkan antara teori di kampus dengan kenyataan yang ada dilapangan.” Adapun untuk mendapatkan pengalaman secara maksimal dengan menerapkan 3 (tiga) poin penting yang perlu diterapkan, yaitu: knowladge (pengetahuan), skill (kemampuan), attitude (sikap).

Sejalan dengan hal diatas, manfaat dari adanya PKL  adalah untuk mengenalkan taruna/i pada lingkungan kerja. Dengan begitu, ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, diharapkan mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat. Selanjutnya dapat menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan tentang dunia kerja. Pengetahuan dan keterampilan ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi taruna/i ketika mereka terjun ke dunia kerja. Manfaat lain yaitu dapat mengasah keterampilan, membentuk pola pikir siswa agar terkonstruktif secara baik, dapat menjalin kerja sama. mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era saat ini.

Pembekalan secara teknis disampaikan  langsung oleh Achmad Muzakir, S.Tr.Tra, terkait syarat-syarat pelaksanaan PKL, bagian atau penempatan PKL taruna/i nantinya, dan ketentuan yang harus dilaksanakan sebelum dan sesudah pelaksanaan PKL. Penyampaian ini sekaligus menutup acara pembekalan PKL angkatan 2019 Prodi D3-Manajemen Transportasi.